8 Kado Pernikahan Produk Elektronik yang Bagus (2024)

Bang Viko

Saat ini, Maret 2024, hingga pasca idul fitri merupakan jadwal dan musimnya nikahan. Kita sudah mulai melihat adanya story dari rekan-rekan yang hadir di pernikahan keluarga atau temannya.

Ya, tak hanya satu. Hampir di berbagai wilayah di Indonesia, pernikahan mulai diagendakan di bulan Syaban hingga Syawal nantinya. Begitu pula dengan situasi pandemi yang lebih terkontrol dan kasusnya mulai menurut. Hal ini membuat masyarakat kembali melaksanakan acara-acara tertentu. 

PS: Tetap jaga prokes, ya.

Nah balik ke pembahasan, sebagai kolega atau teman, biasanya kita akan membawa hadiah pada mempelai sekaligus ucapan selamat bagi mereka. Namun, sebaiknya apa ya yang akan diberikan pada pengantin baru?

Selain amplop, kado pernikahan apa lagi ya yang bisa diberikan? Bedcover, pakaian, atau tiket hotel merupakan hal yang umumnya diberikan. Selain tiga di atas, kamu juga bisa lho memberikan perangkat elektronik. Apa saja rekomendasinya? Berikut kami sajikan.

1. Rice Cooker

Pilihan kado pertama sebagai hadiah adalah rice cooker. Kebutuhan utama yang diperlukan saat ini untuk sehari-hari. Jadi, bagi pengantin baru, terlebih mereka akan tinggal di hunian yang baru, rice cooker merupakan peralatan yang dibutuhkan.

Untuk ukuran-nya kamu dapat memberikan rice cooker dengan ukuran 1,8L. Ukuran sedang yang cocok untuk berdua hingga berempat per harinya.

Mengenai pilihan merk, kamu dapat memilih brand populer seperti Miyako, Yong Ma, Cosmos, Philips, atau Maspion yang sudah umum di masyarakat dan service center tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Dari sisi harga-pun, brand-brand ini cukup terjangkau, mulai Rp 300ribuan.


2. Dispenser

Selain rice cooker, dispenser juga dapat menjadi pilihan sebagai hadiah. Meskipun cukup besar, ini merupakan ciri khas tersendiri yang cukup berkesan bagi pengantin. Bayangkan, bagaimana Anda memberikan dispenser ke hari pernikahannya.

Pilihannya ada dispenser galon atas, galon bawah, dan pilihan mode airnya. Air biasa, air dingin, dan air panas. Untuk dispenser yang umum digunakan di masyakarat adalah galon atas dengan 2 mode air (panas dan normal). Namun, bila Anda memiliki budget cukup, sekitar Rp 800 hingga Rp 1,5 juta, dispenser galon bawah dengan 3 pilihan mode air bisa dipilih.

Tentu ini dari sisi pengantin akan mempermudah dalam mengisi ulang galon, cukup geser saja. Begitu pula dengan pilihan airnya, ada panas, normal, dan dingin.

Pilihan brand pun saat ini juga bervariasi yang menawarkan dispenser berkualitas, seperti Miyako, Changhong, Sanken, Sharp, Denpoo, Modena, Cosmos, dan Electrolux.


3. Humidifier

Nah, berikutnya kami juga rekomendasikan humidifier. Produk yang ukurannya kategori sedang, bisa kamu bawa dengan mudah disaat hari pernikahan teman atau kolegamu.

Produk ini berfungsi untuk menyegarkan udara + mengharumkan. Jadi, pada ruangan yang ada humidifier akan terasa lebih segar dan sejuk. Alat ini konsep kerjanya menghembuskan embun-embun air pada udara sehingga suhu ruangan tetap terjaga dan lebih segar.

Dari sisi harga, untuk produk yang brandable dan dari produsen ternama cukup prestige, ya. Kisaran 1 jutaan. Misalnya, humidifier dari Young Living atau Krisbow di harga Rp 1,5 juta. Namun, ada pula humidifier yang harganya lebih bersahabat, kisaran Rp 200ribuan hingga 1 jutaan. Kamu bisa memilih humidifier dari Xiaomi (200 ribuan), Deerma (400 ribuan), atau Essenzo (400 ribuan).


4. Mesin Kopi

Kali ini adalah kado yang tidak mainstream, ya kado mesin kopi. Terutama teman atau kolega kamu adalah coffee addict. Mesin kopi tentu berarti bagi teman atau kolegamu tersebut.

Bila dia minum kopi di pagi atau malam hari, tentu mesin ini cukup membantu memudahkan dalam mengolah hingga kopi disajikan. Sayangnya dari sisi harga cukup prestige, ada di kisaran Rp 1 hingga 2 jutaan.

Misalnya, merk Unkaffee mulai dari Rp 1 hingga 2 jutaan. Kemudian ada merk Espresso di kisaran harga Rp 1 hingga belasan juta, atau lebih.


5. Vacuum Cleaner

Berikutnya ada vacuum cleaner yang juga tak asing diberikan untuk para pengantin. Vacuum cleaner mini untuk membantu membersihkan sudut-sudut ruangan. Ukurannya cukup digenggam dengan panjang sekitar 70 cm dan berat 1 hingga 2 kg.

Dari sisi harga, hadiah vacuum cleaner terbilang bersahabat. Dengan Rp 100 ribuan, kamu sudah bisa memberikan kado vacuum cleaner dengan model modern. Namun, untuk harga yang lebih tinggi, kamu dapat memilih yang daya hisap dan ketahannya lebih baik.

Misalnya, vacuum cleaner Toneeco dengan harga Rp 1,8 juta. Tampilan yang cukup ringkas dan sedotan yang kuat. Selain untuk rumah, vacuum cleaner ini juga dapat digunakan di mobil, sofa, dan bantal. Untuk harga yang lebih bersahabat, Rp 100 hingga 500 ribuan, kamu dapat memilih

dan beberapa brand lainnya.


6. Mesin Cuci

Kemudian, kamu bisa juga memberikan mesin cuci. Ya, mesin cuci. Untuk momen pemberiannya, bisa saat hari H atau setelah acara selesai (agar tidak mengganggu khidmatnya acara karena ukuran yang cukup besar).

Kamu dapat memberikan mesin cuci sesuai dengan budget yang dimiliki. Bila budget kamu ada di bawah 1 juta, mesin cuci top loading 2 tabung adalah pilihannya.

Bila ada budget Rp 2 hingga 5 juta, mesin cuci top loading 1 tabung bisa kamu pilih. Nah, bila ada budget lebih, misalnya Rp 10 hingga 15 juta, mesin cuci front loading kami rekomendasikan.

Beberapa rekomendasi di Rekomended.com mengenai daftar mesin cuci terbaik cukup reliable untuk dijadikan inspirasi pilihannya. Ada beberapa pilihan mesin cuci yang harganya bersahabat hingga eksklusif. Selain itu, bila hendak dibeli online juga memungkinkan, karena terdapat link ke Shopee. Kamu bisa memilih mesin cuci 1 tabung, 2 tabung, front loading, atau top loading.

Kemudian, saat memberikan hadiah mesin cuci ada hal yang sebaiknya diperhatikan, yakni daya listrik. Tujuannya agar tidak timbul masalah mesin cuci tidak dapat digunakan karena keterbatasan daya listrik.


7. Televisi

Televisi juga dapat menjadi pilihan. Misalnya kamu mengetahui ada orang lain yang akan memberikan item-item yang telah kami sebutkan sebelumnya, televisi atau smart TV bisa kamu pertimbangkan.

Budget yang dibutuhkan untuk hadiah ini ada di kisaran Rp 4 hingga Rp 10jutaan. Cukup prestige, ya. Namun, bila yang kamu berikan hadiah adalah orang spesial tentu ini merupakan suatu kebahagiaan tersendiri.

Nah, kamu dapat memberikan hadiah smart TV yang dapat terkoneksi ke internet sekaligus tampilannya modern, tipis dan fitur terkini. Beberapa rekomendasi brand yang dapat kamu pilih, misalnya Sharp, Polytron, Samsung, LG, dan Xiaomi.


8. Home Theater

Sebagai pelengkap untuk kado elektronik yang cukup eksklusif, set home theater juga dapat menjadi pilihan. Dari sisi budget, kamu membutuhkan kisaran Rp 4 jutaan.

Dengan home theater, penerima hadiah dari kamu dapat merasakan sensasi yang khas dalam menonton atau mendengarkan musik. Suara yang lebih halus, jelas, dan detailnya terdengar lebih dalam.

Yaps, misalnya kamu sering nonton bareng atau tau bahwa hobi dari teman kamu adalah menonton, home theater adalah pilihannya. Beberapa brand yang menurut kami memiliki produk cukup bagus, ada Panasonic, Sony, Polytron, atau Samsung.

Okey, bagaimana dengan 8 pilihan di atas? Semoga ada yang sesuai dengan budget dan dapat memberikan kesan tertentu bagi penerima kado kamu.

Bang Viko - Otwhalal

Penulis

Bang Viko

Seduh kopi, buka laptop, dan mulai berkarya.

    Tinggalkan komentar